Kantor Kementerian Agama Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/ Wilayah Bersih dan Melayani (WBBM) || AYO LAWAN COVID! Tetap Patuhi Protokol Kesehatan 5M, 1. Memakai masker, 2. Mencuci tangan, 3. Menjaga jarak, 4. Menjauhi kerumunan, 5. Membatasi mobilisasi. || Selamat dan Sukses Hari Amal Bakti ke-75 Tahun 2021 Kementerian Agama Republik Indonesia. || Selamat Hari Kemerdekaan RI ke 76 ||

Ngombe Teh Tubruk Jilid IV

2021-09-28 13:39:54

Tegal, 23 September 2021, Kantor Kementerian Agama Kota Tegal telah melaksanakan acara Ngombe Teh Tubruk (Ngomong Bebas demi Tegal Harmoni Tegal Guyub Rukun) dengan tema kerukunan umat beragama. Acara Ngombe Teh Tubruk dilaksanakan di Hotel Riez Palace, dengan mengundang 2 narasumber, yaitu Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag, sebagai Kepala Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia dan H. Musta’in Ahmad, S.H. M.H, selaku kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provnsi Jawa Tengah.

Musta’in Ahmad menjelaskan bahwa penyelarasan relasi agama dan budaya, merupakan komponen penting dalam proses penguatan moderasi beragama. Reformasi mental dan pembangunan kebudayaan merupakan salah satu poin penting dalam program prioritas nasional RPJMN IV 2020-2024. Contoh implementasi penyelarasan relasi agama dan budaya adalah program Teh Tubruk ini. Karena, Teh Tubruk membawa budaya lokal dalam proses sosialisasi dan internalisasi ajaran moderasi beragama. Nilai-nilai moderasi beragama dibawakan dengan balutan nilai budaya khas Tegalan.

Selain itu, Prof. Nizar menyatakan bahwa demi menunjang internalisasi nilai moderasi beragama di seluruh Indonesia, beliau ingin menginisiasi suatu organisasi kerukunan umat beragama di tingkat pusat. Organisasi ini akan berperan sebagai induk dari Forum Kerukunan Umat Beragama yang ada di Kabupaten/Kota yang ada di seluruh Indonesia. Dengan adanya induk forum kerukunan umat beragama di tingkat pusat, diharapkan proses internalisasi moderasi beragama bagi masyarakat dapat tercapai.