Selamat Datang Di Portal Website Kantor Kementerian Agama Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah ||

Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

2017-12-04 14:25:06

Tegal-Dalam rangka memberikan wawasan pendidikan politik bagi pelajar yang merupakan warga negara yang berstatus pemilih pemula, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tegal berkolaborasi dengan Kantor Kesbanglinmas Pemkot Tegal, menggelar acara Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula, Rabu (29/11) di MAN Tegal. Acara dihadiri oleh Kepala Kantor Kesbanglinmas, Pejabat KPU, Kepala MAN, Guru dan Para Siswa MAN Tegal.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kesbanglinmas Kota Tegal Moh. Afin. SIP. MSi mengawali sambutanya dengan mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi khususnya kepada Kepala Madrasah beserta Guru dan siswa MAN yang telah meluangkan waktunya bersama kami dalam rangka melaksanakan Kegiatan pendidikan Politik bagi Pelajar.

Ia menghimbau kepada seluruh peserta terutama bagi para pelajar kelas XI dan XII agar dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan serius dan penuh disiplin, hal tersebut disampaikan agar pada saatnya nanti, para pelajar tersebut kelak menjadi warga yang berstatus pemilih pemula yang cerdas, “imbau Afin.

Setelah itu acara dilanjut dengan pemaparan materi tentang pendidikan politik oleh pejabat KPU Kota Tegal, Thomas Budiono yang merupakan bagian Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Kota Tegal.

Dalam paparanya, Ia menyampaikan bahwa Pembangunan Demokrasi merupakan Sarana Yang Vital untuk Menghasilkan Parlemen dan Pemerintah yang Berkualitas, Ia menjelaskan bahwa Pelaksanaan Pemilu sebagai Instrumen dalam Pembangunan Demokrasi sangat membutuhkan Keterlibatan dan Partisipasi Masyarakat Luas yang Berkualitas, memiliki Pengetahuan, Kesadaran yang tinggi serta Keterampilan tentang Pemilu, “jelas Thomas.

Oleh karena itu, Ia berharap agar para pelajar dapat menjadi pemilih pemula yang cerdas, karena pemilih pemula ternyata mempunyai karakteristik tersendiri yaitu kritis, mandiri, independen dan anti status quo serta pro pembangunan, dengan demikian maka demokrasi kedepan akan tumbuh mekar, berkembang dan Semerbak, “harap Thomas.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala MAN Tegal Drs. Lutfil Hakim yang diwakili Oleh Waka Sarpras Maskuri. SPd menyampaikan bahwa kegiatan ini sangantlah penting, karena dengan kegiatan ini para siswa yang sudah mempunyai hak pilih dapat mengetahui arti maupun tujuan diselenggarakannya Pemungutan Suara/Pemilu. Sebagai warga Negara, kita berkewajiban untuk memiliki hak pilih yang disalurkan lewat  pemungutan suara.

Maskuri mengajak,  melalui Pemilu kita pilih para pemimpin yang amanah, pemimpin yang mampu menampung semua aspirasi Rakyatnya serta siap menentukan arah pejalanan bangsa yang lebih baik, “pungkas Maskuri. (IM)