Kantor Kementerian Agama Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/ Wilayah Bersih dan Melayani (WBBM) || AYO LAWAN COVID! Tetap Patuhi Protokol Kesehatan 5M, 1. Memakai masker, 2. Mencuci tangan, 3. Menjaga jarak, 4. Menjauhi kerumunan, 5. Membatasi mobilisasi. || Selamat dan Sukses Hari Amal Bakti ke-75 Tahun 2021 Kementerian Agama Republik Indonesia. || Selamat Hari Kemerdekaan RI ke 76 ||

Adaptasi Kegiatan Belajar di Masa Pandemi di Kota Tegal

2021-08-10 09:11:02

Dalam memasuki tahun pelajaran baru 2021/2022 bertepatan dengan kondisi Pandemi Covid 19 yang merebak di mana mana termasuk kota Tegal. Apalagi kota Tegal termasuk level 4. Semua pegawai non esensial hrs wfh 100%, begitu pula dengan pembelajaran di madrasah harus full daring karena harus mengedepan kan keamanan keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Pembelajaran berdasarkan atas  SKB 4 menteri tgl 30 Maret 2021, instruksi Mendagri no 15btahun 2021 , SE menteri Agama no. 18 tahun 2021, SE dirjen Pendis nomor B-1873/DJ.I/Dr.I.I/PP.03/06/2021 dan SE no 2053. Pada tahun sebelumnya madrasah menyelenggarakan review KTSP melalui bimtek secara luring khusus pada tahun ini karena bertepatan dg PPKM darurat dan PPKM level 4 maka bimtek terpusat dalam 1 kegiatan Bimtek Persiapan Pembelajaran dan Review KTSP untuk MTs SE kota Tegal melalui virtual zoom meeting yg dihadiri / diikuti oleh kasi Penma, para Pengawas, Kepala MTs beserta Waka kurikulum nya.

Beberapa MTs di kota Tegal. Pada kesempatan virtual tersebut Pengawas MTs juga menyampaikan kegiatan Matsama pada siswa kelas 7, pelaksanaan wajib menggunakan daring dengan cara menyampaikan tujuan, pengenalan lingkungan madrasah baik dari segi SDM maupun sarana prasarana, bisa menggunakan YouTube, google meet, zoommeeting, dan masih banyak lg aplikasi yg bisa digunakan untuk memperkenal kan madrasah pada masyarakat dlm hal siswa siswi baru.

Diatur oleh SKB 4 menteri dan SK dirjen Pendis no 2791 th 2020 sekaligus mengecek kesiapan Madrasah dlm menghadapi new normal diantaranya diterbitkan SK Tim Covid 19 Madrasah, panduan protokoler , jaminan keamanan, mematuhi protokol kesehatan diantaranya menggunakan masker, faceshield, cek suhu tubuh, physical distance, disediakan tempat cuci tangan beserta sabun dg air mengalir, hansanitizer. Adanya skrining kesehatan untuk warga madrasah dan lingkungan madrasah.